Tanaman Pengusir Nyamuk dari Rumah

Setiap orang pasti tidak suka jika dalam rumahnya banyak nyamuk, tetapi tidak baik juga jika cara mengusirnya tidak bijak, obat nyamuk dari pabrikan hampir dipastikan berdampak negatif bagi kesehatan penghuni rumah, dan alangkah baiknya anda mencari alternatif lain yaitu dengan menempatkan tanaman yang tidak disukai oleh nyamuk.

Berikut kami akan berbagi tanaman yang tidak disukai oleh nyamuk, tanaman ini bisa anda letakkan di dalam rumah karena cukup di tanam dalam pot saja, sehingga nyamuk tidak akan masuk ke dalam rumah anda dan rumah anda terbebas dari nyamuk...

1. Lavender
Siapa yang tidak tau lavender, minimal pernah mendengarnya karena pabrikan obat nyamuk mengiklankan lotion, Bunga lavender sendiri berasal dari kawasan pegunungan Alpen di Swiss.
Bunga ini memiliki kandungan linalool dan lynalyl acetate yang aromanya sangat tidak disukai oleh nyamuk. Konon gerombolan nyamuk akan langsung pergi ketika mencium aromanya karena merasa pusing.


Bunga ini biasanya dijadikan sebagai lotion anti nyamuk dengan cara menyulingnya terlebih dahulu. Namun Anda juga dapat menggunakannya secara langsung dengan cara menggosokkan bunganya ke area kulit yang terbuka. Cara ini sangat cocok dilakukan ketika Anda akan bepergian.

Sedangkan untuk mengusir nyamuk yang ada di sekitar rumah, maka Anda cukup menanamnya di dalam sebuah pot saja. Selain aromanya yang wangi, warna bunganya yang cantik juga dapat  memperindah tampilan pekarangan rumah Anda. 

2. Geranium
Tanaman untuk mengusir nyamuk yang selanjutnya adalah Geranium. Di beberapa daerah di  Indonesia, tanaman ini juga dikenal dengan nama Tapak Dara. Tanaman ini dipercaya mampu mengusir nyamuk berkat kandungan zat geraniol dan sitronelol.


Kedua zat tersebut dapat dengan mudah terbawa angin sehingga membuat semerbak wilayah sekitarnya. Geranium juga merupakan salah tanaman pengusir nyamuk indoor karena aromanya dapat memenuhi ruangan dengan cepat. Namun ingat, tempatkan bunga ini di dekat jendela atau di tempat
yang mudah terkena angin agar aromanya dapat menyebar dengan cepat.

3. Rosemary
Rosemary merupakan bunga yang memiliki aroma seperti minyak telon atau minyak kayu putih. Seperti kita ketahui, kedua minyak tersebut sering dioleskan pada bayi karena aromanya dapat mencegah gigitan nyamuk. Nah dengan aroma yang sama tersebut, maka bunga Rosemary juga ternyata ampuh untuk mengusir nyamuk.


Bunga Rosemary ini dapat ditanam langsung di tanah ataupun di pot. Namun pastikan agar selalu mendapatkan cahaya matahari serta air yang cukup agar pertumbuhannya bisa berjalan dengan baik. Selain bunganya, Anda juga dapat menggosokkan daunnya ke kulit agar terhindar dari gigitan
nyamuk ketika pergi keluar rumah.

4. Zodia
Bagi orang Papua, tanaman Zodia pasti sudah tidak asing lagi di telinga mereka. Ya, orang Papua biasanya mengambil daun Zodia dan menggosokannya ke tubuh mereka sebelum berburu ke dalam hutan. Pasalnya, aroma dari daun Zodia ini terbukti dapat melindungi mereka dari gigitan serangga dan nyamuk.


Zodia sendiri merupakan daun pengusir nyamuk yang memiliki kandungan Evodiamine dan Rutaecarpine. Keduanya merupakan zat yang sangat tidak disukai oleh nyamuk dan serangga. Selain digosokkan ke kulit, tanaman asli Indonesia ini juga dapat ditanam di dalam pot agar aromanya dapat
terbawa oleh hembusan angin.

5. Citrosa Masquito
Dari namanya saja kita sudah dapat menebak jika tumbuhan ini ada sangkut pautnya dengan nyamuk. Ya, Citrosa Mosquito merupakan salah satu tanaman pengusir nyamuk terbaik karena mampu mengeluarkan aroma lemon yang sangat kuat. Selain nyamuk, berbagai macam serangga juga tidak sukadengan aroma yang dikeluarkannya tersebut.


Citrosa Mosquito sendiri berasal dari negara Belanda. Cara menanam tumbuhan ini juga cukup mudah, yakni hanya dengan menyiram dan memberinya sinar matahari secara teratur. Sayangnya tumbuhan ini masih jarang di Indonesia karena harus diimpor dari negara asalnya tersebut.

6. Serai Wangi
Serai merupakan salah satu bumbu dapur yang banyak digunakan di Indonesia. Selain untuk penyedap masakan, serai juga ternyata dapat mengusir nyamuk. Pasalnya, tanaman ini memiliki zat Geraniol dan Sitronelal yang sangat tidak disukai oleh nyamuk.


Namun serai bukanlah tanaman yang cocok untuk ditanam di pot. Ya, serai biasanya tumbuh dengan subur di pekarangan rumah atau di kebun-kebun. Serai juga dapat tumbuh sendiri tanpa perawatan khusus karena memang sudah sangat cocok dengan iklim di Indonesia.

7. Akar Wangi
Sama halnya seperti Serai, Akar Wangi juga bukan tanaman pengusir nyamuk yang cocok untuk ditanam di pot. Tanaman yang termasuk dalam jenis rumput-rumputan ini biasanya tumbuh dengan liar di area pekarangan rumah seperti rumput lainnya.

Konon katanya Akar Wangi ini memiliki bau yang sangat menyengat sehingga membuat nyamuk pergi ketika menciumnya. Akar Wangi juga dipercaya sebagai tumbuhan pencegah demam berdarah (DBD) karena nyamuk Aedes Aegypti tidak suka dengan aromanya.

8. Kecombrang
Kecombrang merupakan bunga yang cukup populer di indonesia. Tumbuhan yang memiliki nama latin Etlingera eliator memiliki banyak sebutan di berbagai daerah di Indonesia. Sebut saja kantan atau honje di daerah Sunda serta kincung di daerah Medan.


Bunga, biji, serta buah kecombrang ini sebenarnya lebih banyak digunakan sebagai rempah pelengkap masakan seperti sambel, pepes, dan lainnya. Namun bunga kecombrang juga dapat digunakan untuk mengusir nyamuk dengan cara menanamnya di pekarangan rumah. Warnanya yang bagus juga menjadikannya cocok disandingkan dengan tanaman hias yang lainnya.

9. Mintrosa Of Lady Diana
Entah apa kaitan tumbuhan ini dengan mantan istri Pangeran Charles. Namun yang jelas, Mintrosa Of Lady Diana sangat  efektif untuk mengusir nyamuk. Tanaman yang berasal dari belanda ini memiliki aroma yang sangat menyengat sehingga nyamuk enggan mendekatinya. Namun sama seperti
Citrosa Mosquito, tanaman ini juga masih sulit ditemukan di indonesia.

10. Selasih
Selasih  merupakan salah satu rempah-rempah yang banyak digunakan di indonesia. Selasih banyak
digunakan sebagai bumbu masak atau lalapan. Namun tidak hanya itu, selasih juga ternyata dapat mengusir nyamuk dengan aromanya yang khas. Tanaman selasih biasanya tumbuh liar di pekarangan tanpa perlu adanya perawatan khusus.


11. Suren
Suren merupakan pohon pengusir nyamuk dan serangga yang cukup terkenal. Daun dan kulit kayu dari pohon ini memiliki zat surenon, surenin dan surenolakton yang dapat mengusir kedua jenis hewan tersebut. Banyak petani yang menanamnya di kebun untuk mengusir hama agar dari
pohon-pohon di sekitarnya.


12. Lidah Buaya
Selain bermanfaat untuk rambut dan wajah, lidah buaya juga ternyata dapat digunakan untuk mengatasi gigitan nyamuk. Ya, jika kulit Anda terasa gatal dan bengkak setelah digigit nyamuk, makaoleskanlah gel lidah buaya ke area tersebut agar gatal dan bengkaknya segera hilang.



13. Marigold
Marigold merupakan bunga yang berasal dari kawasan Meksiko dan Guatemala. Di Indonesia sendiri banyak yang menyebutnya dengan bunga Tai Ayam karena warnanya yang mirip dengan kotoran ayam. Di beberapa wilayah, bunga ini juga banyak ditanam di pinggir jalan sebagai hiasan.


Selain indah untuk dipandang, aroma dari bunga Marigold ini ternyata dapat mengusir nyamuk di sekitarnya. Bunga ini dapat Anda tanam di pot atau di pekarangan rumah agar aromanya yang semerbak dapat masuk ke rumah sekaligus mengusir nyamuk.

Itulah berbagai macam tanaman pengusir nyamuk yang dapat Anda tanam di dalam rumah ataupun di pekarangan rumah Anda. Menggunakan pengusir nyamuk alami ini jauh lebih sehat karena tidak mengandung bahan yang berbahaya. Selain itu, berbagai tanaman tersebut juga dapat menghiasi rumah Anda sehingga menjadi lebih cantik lagi.




0 Response to "Tanaman Pengusir Nyamuk dari Rumah"

Posting Komentar

VIP Fans

Cari Blog Ini

Free Unlimited Backlinks - Advertise and promote your blogs and websites to get unlimited backlinks for higher page rank! Everything is free!

Joget Geboy Unik dan Aneh