Cara Mudah Menghitung Kebutuhan Batu Bata

Untuk menghitung kebutuhan batu bata dalam membuat rumah sangat mudah sekali, langkah pertama kita harus mengukur dulu panjang dan lebar batu bata, namun demikian sebagian besar ukuran batu bata adalah panjang 25 cm dan lebar 10 cm dengan ketebalan 5 cm, ukuran ini adalah ukuran standar untuk daerah Pulau Jawa, ada juga di daerah lain ukurannya berbeda. Ada juga beberapa pengrajin baru bata membuat dengan ukuran panjang 20, lebar 10 dan ketebalan 5 cm

Sekarang kita akan menghitung kebutuhan batu bata dengan menggunakan batu bata standar ukuran yang kedua yaitu panjang 20cm, lebar 10 cm dan tebal 5 cm. dengan menggunakan batu bata ukuran tersebut dalam 1 M2 akan membutuhkan batu bata sebanyak
70 buah.



Dengan demikian kita dapat menghitung sebuah ruangan panjang 3 meter, lebar 3 meter dengan ketinggian 3 meter juga, dari ruangan berarti kita mendapatkan empat buah persegi empat dengan ukuran 3 M X 3 M, maka volume pekerjaan ruangan tersebut adalah 4 X 3M X 3M = 36 M2, sehingga dapat kita hitung 36 X 70 = 2.520, berarti batu bata yang dibutuhkan untuk ruangan tersebut sebanyak 2.520 buah.

sumber: google image

Untuk daerah tertentu yang menggunakan batu bata ukuran panjang 25 cm, lebar 10 cm dan tebal 5cm, dalam 1 mater perseginya membutuhkan 56 buah batu bata. dengan menggunakan pola perhitungan seperti di atas maka kebutuhan batu bata sebuah ruangan dapat dihitung dengan mudah.

Untuk ruangan yang mempunyai bentuk yang tidak beraturan dapat juga menggunakan kaedah rumus bangun matematika, misalnya ruang segitiga, ruang yang berbentuk trapesium, ruangan yang berbentuk bundaran.


0 Response to "Cara Mudah Menghitung Kebutuhan Batu Bata "

Posting Komentar

VIP Fans

Cari Blog Ini

Free Unlimited Backlinks - Advertise and promote your blogs and websites to get unlimited backlinks for higher page rank! Everything is free!

Joget Geboy Unik dan Aneh