Teknik mengecat Tembok Yang Benar

Pada tulisan sebelumnya kita telah membahas cara membuat plamir untuk tembok dengan komposisi yang benar sehingga bisa mendapatkan kualitas plamir yang bagus, setelah tembok rata diplamir dan permukaan plamir sudah dihaluskan berarti pekerjaan selanjutnya adalah pengecatan tembok tersebut.

Pekerjaan mengecat tembok adalah pekerjaan yang sangat mudah, hampir setiap penghuni rumah khususnya kaum lelaki bisa melakukan pekerjaan ini, tetapi tentang hasil akhirnya tentunya akan berbeda, tergantung teknik dan kualitas cat yang digunakan, nah kali kita akan berbagi teknik pengecatan tembok yang tepat untuk menghasilkan kualitas yang maksimal.


Berikut adalah langkah-langkah teknik pengecatan tembok untuk rumah yang baru:

  1. Setelah proses plamir selesai, tunggulah minimal 7 minggu (semakin lama semakin bagus) barulah permukaan plamir dihaluskan dengan cara digosok dengan ampelas, saat ini anda bisa memanfaatkan mesin gerinda untuk melakukan penghalusan agar pekerjaan lebih cepat dan kualitas hasilnya maksimal.
  2. Setelah permukaan plamir halus, bersihkan permukaan plamir dengan lap setengah basah agar debu-debu bekas plamir bersih dari permukaan plamir
  3. Siapkan larutan waterproof (dipasaran dikenal dengan merk nodrop, flintkote, elastex, dan lain-lain) dan campurkan dengan air dengan perbandingan 1:5, lalu kuaskan ke tembok sampai rata, hal ini untuk mencegah agar cat tidak meresap dan tumbuhnya lumut karena ruangan lembab.
  4. Siapkan cat dan dicampur dengan air sebanyak 20%, pengecatan pertama dilakukan dengan teknik kuas atau rool dengan gerakan atas bawah.
  5. Diamkan selama 1 - 2 jam sebelum pengecatan ke dua, bisa dilakukan sambil mengecat tembok sisi lain.
  6. Pengecatan ke dua kalinya, campurkan cat dengan 10% air jika menggunakan kuas dilakukan dengan gerakan zig zag atas bawah, upayakan serata mungkin agar cat tidak kelihatan belang.
Teknik pengecatan tembok lama
  1. Singkirkan semua barang ada di dinding, baik itu foto, lukisan atau lainnya, dan juga singkirkan barang-barang atau furniture yang dekat dengan tembok lalu tutup dengan kain atau koran
  2. Bersihkan permukaan tembok dengan kain lap basah agar debu dan kotoran yang menempel di tembok hilang, jika ada noda yang membandel bisa digosok dengan ampelas halus.
  3. Tutup semua tembok yang mengalami retak dan lubang dengan plamir kental agar cepat kering.
  4. Lalu lakukan langkah ke 4 seperti di atas dan langkah selanjutnya.
Untuk menghasilkan kualitas yang maksimal sebaiknya anda juga mengetahui karakter dan spektrum warna cat yang bisa anda baca disini

1 Response to "Teknik mengecat Tembok Yang Benar"

VIP Fans

Cari Blog Ini

Free Unlimited Backlinks - Advertise and promote your blogs and websites to get unlimited backlinks for higher page rank! Everything is free!

Joget Geboy Unik dan Aneh