Hilangkan Bau dan Jernihkan Air - Cara Jitu

Bagi anda yang belum terjangkau PDAM tentunya bisa menggunakan sumur sebagai sumber air untuk keperluan sehari-hari, namun permasalahannya tidak semua tempat bisa menghasilkan air yang bersih, sehat dan tidak berbau, baiklah kali ini kita akan berbagi tips menjernihkan air sumur yang keruh dan menghilangkan air sumur yang berbau...

Sebelum anda membuat sumur baik itu sumur konvensional (sumur srumbung) atau sumur bor perhatikan hal-hal berikut:

  1. Sebaiknya kedalaman sumur minimal 10 meter
  2. Pastikan jarak antara sumur dengan sumur dengan septic tank minimal 10 meter untuk menghindari limbah kamar mandi dan wc merembes ke dalam sumur.
  3. Hindari untuk memilih lokasi penggalian sumur dibekas lahan tempat pembuangan sampah. Tanah tempat pembuangan sampah walaupun sudah dibersihkan namun tetap saja akan meninggalkan banyak kuman, bakteri, dan kotoran yang mungkin berbahaya bagi kesehatan.
  4. Jika memungkinkan, carilah lokasi dimana bagian bawah tanah memiliki tekstur tanah yang bercampur pasir. Hal ini akan membuat sumur Anda lebih terjaga kejernihannya secara alami.
  5. Hindari untuk membuat sumur pada lahan bekas rawa. Lebih baik mencari tempat galian sumur pada lahan bekas ditanami tanaman berakar searabut karena jenis tanaman ini banyak menyimpan kandungan air didalamnya.

Menjernihkan air sumur yang keruh
Untuk menjernihkan air sumur ada cara yaitu dengan cara kimia dan cara biologis, untuk jangka pendek anda bisa menggunakan cara kimiawi yaitu dengan memberi larutan hidrogen peroksida H2O2 atau dipasaran dikenal dengan water cleaner, cukup ½ liter saja masukkan ke dalam sumur. Diamkan satu malam.  Dan kuras keesokan harinya.

Yang perlu diingat adalah jangan sekali-kali memasukkan tawas ke dalam sumur, karena tawas akan membentuk endapan di dasar sumur yang semakin lama akan semakin banyak jika terus menerus menggunakan tawas, tawas hanya cocok untuk digunakan menjernihkan air di bak/tong/tandon air, dimana endapan akibat tawas bisa dibersihkan suatu saat.

Cara kedua adalah cara biologis, yaitu dengan menanam pohon yang mempunyai akar tunjang, cara ini lebih alami dan sangat ramah lingkungan, tentunya ini untuk kepentingan jangka panjang.

Menghilangkan bau air sumur
Penyebab bau pada air sumur karena sumber mata air di sumur tercampur unsur yang mengandung logam besi (fe) yang tinggi sehingga air berbau amis dan sebagainya, air sumur yang berbau karena penyebab fisikal seperti ini biasanya bersifat permanen, karena unsur logam besi membutuhkan waktu yang lama hilangnya.

Penyebab lain adalah air sumur tercemar dengan bahan atau limbah industri di sekitar sumur, atau abkteri pembusuk yang berasal dari sekitar sumur, penyebab ini biasanya bersifat sementara, terkecuali sumber penyebabnya terus menerus masuk ke dalam sumur.


Untuk menghilangkan bau sumur anda bisa memasukkan larutan sodium Hipochlorit, di pasaran larutan Hipochlorit ini terkadang disebut dengan kaporit cair. Larutan Sodium hipochlorit berfungsi sebagai oksidator kuat yang akan membunuh dan menghentikan aktivitas bakteri dalam air sumur. Sesungguhnya di pasaran ada banyak jenis larutan untuk membunuh bakteri dalam air seperti: kaporit, peroksida dan sebagainya.

Cara penggunaannya larutan sodium hipochlorit dimasukkan ke dalam sumur dengan dosis sebanyak 0,2 % dari volume air sumur, setelah larutan dimasukkan ke dalam sumur, diamkan beberapa hari yaitu 3 - 7 hari, biarkan agar larutan mengoksidasi bakteri dengan optimal. Setelah bau sumur betul-betul sudah hilang bisa anda gunakan untuk keperluan mandi, cuci dan sebagainya tetapi jangan digunakan dulu untuk kepentingan konsumsi. Jika bau masih membandel ulangi sekali lagi dengan menaikkan dosisnya 2 kali lipat...

Cara di atas lebih murah daripada anda membeli alat penjernih dan penghilang bau dari pabrikan yang harganya bisa menguras kantong, produk yang sederhana tetapi efektif menghilangkan bau dan sekaligus menjernihkan harganya sekitara 1 jutaan....


2 Responses to "Hilangkan Bau dan Jernihkan Air - Cara Jitu"

  1. Dr.Toya sedang mengembangkan bisnisnya di perusahaan filter air (Dr.Toya Water Purifier|Ahlinya Filter Air Indonesia)dengan mengacu kepada tingginya tingkat pencemaran terhadap air tanah pada umumnya yang semakin banyak memiliki permasalahan air sehingga sangat memungkinkan untuk menggunakan alat penjernih air untuk mengatasi permasalahan air yang di hadapi. *VISI Menjadi Salah Satu Perusahaan Alat Penjernih Air Yang Terpercaya Di Indonesia *MISI - Berkomitmen kepada pelanggan untuk selalu memberikan pelayanan yang memuaskan - Memberikan layanan prima dan solusi yang bernilai tambah kepada seluruh konsumen - Membantu mengatasi masalah air yang kotor dan menjernihkanya dengan Filter Air Dr.toya *MOTO Menjernihkan hingga tuntas

    BalasHapus
  2. nice info
    www.peluangproperty.com

    BalasHapus

VIP Fans

Cari Blog Ini

Free Unlimited Backlinks - Advertise and promote your blogs and websites to get unlimited backlinks for higher page rank! Everything is free!

Joget Geboy Unik dan Aneh