Yuk Kita Mengenal Jenis dan Fungsi Pasir Untuk Bangunan

http://tabloidrumahidaman.blogspot.com/2015/08/yuk-kita-mengenal-jenis-dan-fungsi.html
Pasir adalah salah satu bahan bangunan yang tidak bisa tergantikan oleh bahan lain, dan salah satu bahan yang betul-betul berasal dari alam, pasir dapat langsung digunakan tanpa proses pengolahan sebelumnya, pasir berasal dari sungai, letusan gunung berapi, laut dan dari dalam tanah maka pasir menurut asalnya dapat dikatagorikan menjadi 3 yaitu pasir sungai, pasir laut dan pasir galian.

Dalam konstruksi bangunan pasir berfungsi sebagai agregat halus dalam campuran beton, bahan perekat untuk pasangan bata, batako, bata
ringan dan keramik, sebagai bahan screed lantai dan juga sebagai bahan uruk...

Walaupun pasir berasal dari alam, pemerintah membuat regulasi tentang standart pasir  (SKSNI  S-04-1989-F: 28) yang layak sebagai bahan bangunan adalah:

  1. Agregat halus harus terdiri dari butiran yang tajam dan keras dengan indeks kekerasan < 2,2.
  2. Sifat kekal apabila diuji dengan larutan jenuh garam sulfat sebagai berikut:                                 jika dipakai natriun sufat bagian hancur maksimal 12%.                                                               jika dipakai magnesium sulfat bagian halus maksimal 10%.
  3. Tidak boleh mengandung lumpur lebih dari 5% dan apabila pasir mengandunglumpur lebih dari 5% maka pasir harus dicuci.
  4. Pasir tidak boleh mengadung bahan-bahan organik terlalu banyak, yang harus dibuktikan dengan percobaan warna dari Abrans Harder dengan larutan jenuh NaOH 3%.
  5. Susunan besar butir pasir mempunyai modulus kehalusan antara 1,5 sampai 3,8 dan terdiri dari butir-butir yang beraneka ragam.
  6. Untuk beton dengan tingkat keawetan yang tinggi reaksi pasir terhadap alkali harus negatif.
  7. Pasir laut tidak boleh digunakan sebagai agregat halus untuk semua mutu beton kecuali dengan petunjuk dari lembaga pemerintahan bahan bangunanyang diakui.
  8. Agreagat halus yang digunakan untuk plesteran dan spesi terapan harusmemenuhi persyaratan pasir pasangan
http://tabloidrumahidaman.blogspot.com/2015/08/yuk-kita-mengenal-jenis-dan-fungsi.html


sedangkan jika digolongkan menurut fungsi dan kegunaannya pasir dapat digolongkan menjadi 4 yaitu:

1. Pasir Elod
Pasir elot adalah jenis pasir yang paling halus diantara jenis pasir lainnya, apabila dikepal akan mengumpal dan apabila dilepas tetap mengumpal tidak puyar, karena sifatnya yang terlalu halus tidak baik sebagai bahan bangunan, cocok untuk bahan pembuatan batako, beton pancang, dan bahan cor yang dicetak terlebih dahulu


2. Pasir Pasang
Pasir yang sangat halus, bisa dikatakan pasir yang sangat halus, bisa didapatkan dengan cara mengayak pasir terlebih dahulu dengan ayakan halus, jika anda berada di sekitar Lumajang Jawa Timur pasir ini banyak dijumpai dengan istilah pasir lumajang yang berasal dari sepanjang sungai yang hulunya di gunung semeru, ciri-ciri pasir jenis ini apabila dikepal akan menggumpal dan apabila di lepas pasir tetap menggumpal dan tidak puyar kembali, pasir jenis ini sangat baik untuk plesteran dinding, tetapi juga baik untuk pasang plesteran...

3. Pasir Beton
Pasir yang cukup halus sedikit lebih kasar dari pasir pasang, ciri-cirinya apabila dikepal tidak mengumpal dan apabila dilepas akan puyar kembali, pasir jenis ini sangat baik untuk pengecoran, pemasangan pondasi, dan pasangan batu bata...

4. Pasir Merah
Pasir merah sedikit lebih kasar dari pasir beton, dan ciri-cirinyapun hampir sama dengan pasir beton dan terdapat batuan kerikil yang lebih besar sehingga sangat cocok untuk bahan cor 

0 Response to "Yuk Kita Mengenal Jenis dan Fungsi Pasir Untuk Bangunan"

Posting Komentar

VIP Fans

Cari Blog Ini

Free Unlimited Backlinks - Advertise and promote your blogs and websites to get unlimited backlinks for higher page rank! Everything is free!

Joget Geboy Unik dan Aneh